MENGINGAT Piagam PBB dan prinsip-prinsip hukum
internasional yang relevan, konvensi internasional yang relevan dan protokol
yang berkaitan untuk melawan terorisme dan resolusi yang relevan dari
Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang langkah-langkah yang ditujukan untuk melawan
terorisme internasional, dan menegaskan kembali komitmen kami untuk melindungi
hak asasi manusia, perlakuan yang adil , aturan hukum, dan proses hukum serta
prinsip-prinsip yang diabadikan dalam Perjanjian Persahabatan dan Kerjasama di
Asia Tenggara dilakukan di Bali pada tanggal 24 Februari 1976;
MENEGASKAN KEMBALI bahwa terorisme tidak bisa dan
tidak boleh dikaitkan dengan agama, kebangsaan, peradaban atau kelompok etnis;
MENGINGAT juga Deklarasi ASEAN tentang Aksi Bersama
untuk melawan Terorisme dan Deklarasi tentang Terorisme diadopsi pada KTT ASEAN
pada tahun 2001 dan 2002 masing-masing;
MENEGASKAN KEMBALI komitmen kami untuk Program Aksi
Vientiane dilakukan di Vientiane pada tanggal 29 November 2004, terutama dorong
pada "membentuk dan berbagi norma-norma" dan kebutuhan, antara lain,
untuk bekerja menuju kesimpulan dari Perjanjian Bantuan Hukum Timbal Balik
ASEAN, dan ASEAN Konvensi tentang Counter Terorisme, dan pembentukan Perjanjian
Ekstradisi ASEAN seperti disebutkan dalam Deklarasi ASEAN Concord 1976;
Seksama PRIHATIN atas bahaya yang ditimbulkan oleh
terorisme untuk nyawa tak berdosa, infrastruktur dan lingkungan, perdamaian
regional dan internasional dan stabilitas serta pembangunan ekonomi;
Menyadari pentingnya mengidentifikasi dan efektif mengatasi akar penyebab terorisme dalam perumusan setiap tindakan terorisme;
Menyadari pentingnya mengidentifikasi dan efektif mengatasi akar penyebab terorisme dalam perumusan setiap tindakan terorisme;
MENGINGAT kembali bahwa terorisme dalam segala bentuk
dan manifestasinya, berkomitmen dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun,
merupakan ancaman besar bagi perdamaian dan keamanan internasional dan
tantangan langsung terhadap pencapaian perdamaian, kemajuan dan kemakmuran bagi
ASEAN dan realisasi ASEAN Vision 2020;
MENEGASKAN KEMBALI komitmen kuat kami untuk
meningkatkan kerjasama dalam melawan terorisme yang mencakup pencegahan dan
pemberantasan segala bentuk aksi teroris;
MENGINGAT kembali kebutuhan untuk meningkatkan
kerjasama regional mengenai terorisme dan mengambil langkah-langkah efektif
melalui pendalaman kerja sama antara lembaga penegak hukum ASEAN dan pihak
berwenang terkait dalam melawan terorisme;
Mendorong Pihak menjadi pihak sesegera mungkin dengan
konvensi internasional yang relevan dan protokol yang berkaitan untuk melawan
terorisme; Memiliki disepakati sebagai berikut:
Pasal I
Tujuan
Konvensi ini wajib memberikan kerangka kerja bagi kerjasama regional untuk melawan, mencegah dan menekan terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya dan untuk memperdalam kerjasama antara lembaga penegak hukum dan pihak berwenang terkait dari Para Pihak dalam melawan terorisme.
Konvensi ini wajib memberikan kerangka kerja bagi kerjasama regional untuk melawan, mencegah dan menekan terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya dan untuk memperdalam kerjasama antara lembaga penegak hukum dan pihak berwenang terkait dari Para Pihak dalam melawan terorisme.
Pasal II
Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme
Untuk tujuan Konvensi ini, "pelanggaran"
berarti setiap tindak pidana dalam lingkup dan sebagaimana didefinisikan dalam
salah satu perjanjian yang terdaftar sebagai berikut:
a. Konvensi tentang Tindakan Melawan Hukum di dalam
Pesawat Terbang yang ditandatangani di Den Haag pada tanggal 16 Desember 1970;
b. Konvensi Pemberantasan Tindakan Melawan Hukum Terhadap
Keselamatan Penerbangan Sipil, menyimpulkan di Montreal pada tanggal 23
September 1971;
c. Konvensi Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Terhadap
Orang internasional Dilindungi, termasuk Agen Diplomatik, diadopsi di New York
pada tanggal 14 Desember 1973; Konvensi Internasional Terhadap Penyanderaan,
diadopsi di New York pada tanggal 17 Desember 1979;
d.
Konvensi tentang Perlindungan Fisik Bahan Nuklir, diadopsi di
Wina pada tanggal 26 Oktober 1979;
e.
Protokol Pemberantasan Tindakan Melawan Hukum
Kekerasan di Bandara Melayani Penerbangan Sipil Internasional, pelengkap dari
Konvensi Pemberantasan Tindakan Melawan Hukum Terhadap Keselamatan Penerbangan
Sipil, dilakukan di Montreal pada tanggal 24 Februari 1988;
f. Konvensi Pemberantasan Tindakan Melawan Hukum Terhadap Keselamatan Maritim Navigasi, dilakukan di Roma pada tanggal 10 Maret 1988;
f. Konvensi Pemberantasan Tindakan Melawan Hukum Terhadap Keselamatan Maritim Navigasi, dilakukan di Roma pada tanggal 10 Maret 1988;
g.
Protokol Pemberantasan Tindakan Melawan Hukum Terhadap Keselamatan
Platform Tetap Terletak di Continental Shelf, dilakukan di Roma pada tanggal 10
Maret 1988;
h.
Konvensi Internasional Pemberantasan Pengeboman oleh Teroris, diadopsi
di New York pada tanggal 15 Desember 1997;
i.
Konvensi Internasional Pemberantasan Pendanaan Terorisme, yang diadopsi
di New York pada tanggal 9 Desember 1999;
j. Konvensi Internasional untuk Pemberantasan Tindakan
Terorisme Nuklir, diadopsi di New York pada tanggal 13 April 2005;
k. Amandemen Konvensi Perlindungan Fisik Bahan
Nuklir, dilakukan di Wina pada tanggal 8 Juli 2005;
l. Protokol 2005 untuk Konvensi Pemberantasan Tindakan Melawan Hukum
Terhadap Keselamatan Maritim Navigasi, dilakukan di London pada tanggal 14
Oktober 2005; dan
m. Protokol 2005 Protokol Pemberantasan Tindakan Melawan
Hukum Terhadap Keselamatan Platform Tetap Terletak di Continental Shelf,
dilakukan di London pada tanggal 14 Oktober 2005.
Pada saat penyimpanan instrumen ratifikasi atau
persetujuan, suatu Pihak yang bukan Pihak dalam perjanjian internasional yang
tercantum dalam ayat 1 Pasal ini dapat menyatakan bahwa, dalam penerapan
Konvensi ini untuk Pihak tersebut, bahwa perjanjian dianggap tidak dimasukkan ke
dalam ayat 1 Pasal ini. Deklarasi ini akan tidak berlaku lagi segera setelah
perjanjian mulai berlaku bagi Pihak yang telah membuat pernyataan tersebut,
yang akan memberitahukan penyimpan sebagaimana tercantum dalam ayat 2 Pasal XX
entri ini berlaku.
Ketika Pihak berhenti menjadi Pihak dalam perjanjian
internasional yang tercantum dalam ayat 1 Pasal ini, dapat membuat pernyataan
sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini, sehubungan dengan perjanjian itu.
Pasal III
Kesetaraan Sovereign Integritas, Teritorial dan
Non-Interferensi
Para Pihak akan melaksanakan kewajibannya berdasarkan
Konvensi ini dengan cara yang konsisten dengan prinsip-prinsip kesetaraan
kedaulatan dan keutuhan wilayah suatu negara dan non-campur tangan dalam urusan
internal Pihak lainnya.
Pasal IV
Pelestarian Kedaulatan
Tidak ada dalam Konvensi ini yang memberikan hak Pihak
untuk melakukan, di wilayah Pihak lain, untuk menerapkan yurisdiksi atau
melaksanakan fungsi-fungsi yang secara khusus dimiliki oleh pejabat berwenang
dari Pihak lain dengan hukum nasionalnya.
Pasal V
Non-Aplikasi
Konvensi ini tidak berlaku bilamana kejahatan
dilakukan dalam satu Partai tunggal, tersangka pelaku dan korban adalah
warganegara dari Pihak tersebut, pelaku tersangka ditemukan di wilayah Pihak
tersebut dan tidak ada Pihak lain yang memiliki dasar sesuai Konvensi ini untuk
melaksanakan yurisdiksi.
Pasal VI
Area Kerjasama
1. Bidang kerjasama dalam Konvensi ini dapat, sesuai dengan hukum nasional
masing-masing Pihak, termasuk langkah-langkah yang tepat, antara lain untuk:
a. Mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah tindak terorisme, termasuk dengan pemberian peringatan dini kepada Pihak lain melalui pertukaran informasi;
b. Mencegah mereka yang membiayai, merencanakan, memfasilitasi, atau melakukan tindakan teroris dari menggunakan wilayah masing-masing untuk tujuan melawan Pihak lain dan / atau warga negara dari Pihak lainnya;
c. Mencegah dan menekan pendanaan kegiatan teroris;
d. Mencegah gerakan teroris atau kelompok teroris oleh pengawasan perbatasan yang efektif dan kontrol pada penerbitan surat-surat identitas dan dokumen perjalanan, dan melalui langkah-langkah untuk mencegah pemalsuan, pemalsuan atau penggunaan penipuan surat-surat identitas dan dokumen perjalanan;
e. Mempromosikan pengembangan kapasitas termasuk pelatihan dan kerjasama teknis dan penyelenggaraan pertemuan-pertemuan regional;
f. Meningkatkan kesadaran dan partisipasi publik dalam upaya untuk melawan terorisme, serta meningkatkan dialog antar-iman dan intra-iman dan dialog antar peradaban;
g. Meningkatkan kerjasama lintas-batas;
h. Meningkatkan pertukaran intelijen dan pertukaran informasi;
i. Meningkatkan kerjasama yang ada menuju pengembangan database daerah di bawah lingkup badan-badan ASEAN yang relevan;
j. Memperkuat kemampuan dan kesiapan untuk menangani bahan kimia, biologi, radiologi, nuklir (CBRN) terorisme, cyber terorisme dan bentuk-bentuk baru terorisme;
k. Melakukan penelitian dan pengembangan langkah-langkah untuk melawan terorisme;
l. Mendorong penggunaan video conference atau fasilitas teleconference untuk proses pengadilan, jika sesuai, dan
m. Pastikan bahwa setiap orang yang berpartisipasi dalam, perencanaan persiapan pembiayaan, atau melakukan aksi teroris atau dalam mendukung tindakan teroris dibawa ke pengadilan.
a. Mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah tindak terorisme, termasuk dengan pemberian peringatan dini kepada Pihak lain melalui pertukaran informasi;
b. Mencegah mereka yang membiayai, merencanakan, memfasilitasi, atau melakukan tindakan teroris dari menggunakan wilayah masing-masing untuk tujuan melawan Pihak lain dan / atau warga negara dari Pihak lainnya;
c. Mencegah dan menekan pendanaan kegiatan teroris;
d. Mencegah gerakan teroris atau kelompok teroris oleh pengawasan perbatasan yang efektif dan kontrol pada penerbitan surat-surat identitas dan dokumen perjalanan, dan melalui langkah-langkah untuk mencegah pemalsuan, pemalsuan atau penggunaan penipuan surat-surat identitas dan dokumen perjalanan;
e. Mempromosikan pengembangan kapasitas termasuk pelatihan dan kerjasama teknis dan penyelenggaraan pertemuan-pertemuan regional;
f. Meningkatkan kesadaran dan partisipasi publik dalam upaya untuk melawan terorisme, serta meningkatkan dialog antar-iman dan intra-iman dan dialog antar peradaban;
g. Meningkatkan kerjasama lintas-batas;
h. Meningkatkan pertukaran intelijen dan pertukaran informasi;
i. Meningkatkan kerjasama yang ada menuju pengembangan database daerah di bawah lingkup badan-badan ASEAN yang relevan;
j. Memperkuat kemampuan dan kesiapan untuk menangani bahan kimia, biologi, radiologi, nuklir (CBRN) terorisme, cyber terorisme dan bentuk-bentuk baru terorisme;
k. Melakukan penelitian dan pengembangan langkah-langkah untuk melawan terorisme;
l. Mendorong penggunaan video conference atau fasilitas teleconference untuk proses pengadilan, jika sesuai, dan
m. Pastikan bahwa setiap orang yang berpartisipasi dalam, perencanaan persiapan pembiayaan, atau melakukan aksi teroris atau dalam mendukung tindakan teroris dibawa ke pengadilan.
2. Sesuai dengan persetujuan Para Pihak yang bersangkutan, Pihak wajib
bekerja sama untuk mengatasi akar penyebab terorisme dan kondisi yang kondusif
bagi penyebaran terorisme untuk mencegah dilakukannya tindakan teroris dan
penyebaran sel-sel teroris.
Pasal VII
Negara Yurisdiksi
1. Suatu Pihak wajib mengambil tindakan yang dianggap perlu untuk
menetapkan yurisdiksinya atas tindak pidana yang tercakup dalam Pasal II
Konvensi ini jika:
a. Kejahatan dilakukan di wilayah Pihak tersebut; atau
b. Kejahatan tersebut dilakukan di atas kapal yang mengibarkan bendera dari Pihak atau pesawat yang terdaftar di bawah hukum Partai bahwa pada saat kejahatan dilakukan; atau
c. Kejahatan tersebut dilakukan oleh warga negara dari Pihak tersebut.
a. Kejahatan dilakukan di wilayah Pihak tersebut; atau
b. Kejahatan tersebut dilakukan di atas kapal yang mengibarkan bendera dari Pihak atau pesawat yang terdaftar di bawah hukum Partai bahwa pada saat kejahatan dilakukan; atau
c. Kejahatan tersebut dilakukan oleh warga negara dari Pihak tersebut.
2.
Pihak juga dapat membentuk yurisdiksinya atas
kejahatan-kejahatan jika:
a. Kejahatan tersebut dilakukan terhadap warga negara dari Pihak tersebut; atau
b. Kejahatan tersebut dilakukan terhadap fasilitas negara atau pemerintah dari Pihak luar negeri, termasuk kedutaan atau tempat diplomatik atau konsuler lainnya; atau
c. Kejahatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memaksa Pihak untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan apapun, atau
d. Kejahatan tersebut dilakukan oleh orang tanpa kewarganegaraan dengan bertempat tinggal di wilayah Pihak tersebut.
a. Kejahatan tersebut dilakukan terhadap warga negara dari Pihak tersebut; atau
b. Kejahatan tersebut dilakukan terhadap fasilitas negara atau pemerintah dari Pihak luar negeri, termasuk kedutaan atau tempat diplomatik atau konsuler lainnya; atau
c. Kejahatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memaksa Pihak untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan apapun, atau
d. Kejahatan tersebut dilakukan oleh orang tanpa kewarganegaraan dengan bertempat tinggal di wilayah Pihak tersebut.
3. Pihak juga harus menetapkan yurisdiksinya atas tindak pidana yang tercakup dalam Pasal II Konvensi ini dalam kasus di mana tersangka pelaku berada di wilayahnya dan tidak mengekstradisi orang tersebut ke salah satu Pihak yang telah memberlakukan yurisdiksi mereka sesuai dengan ayat 1 atau 2 dari Pasal ini.
4.
Konvensi ini tidak mengesampingkan penerapan setiap
yurisdiksi kejahatan yang diberlakukan oleh Pihak sesuai dengan hukum
nasionalnya.
Pasal VIII
Adil
Pengobatan
1. Setiap orang yang ditahan atau yang dikenakan tindakan
lain yang diambil atau proses yang dilakukan sesuai dengan Konvensi ini harus
dijamin perlakuan yang adil, termasuk menikmati semua hak dan jaminan
disesuaikan dengan undang-undang Partai di wilayah yang orang yang hadir dan
ketentuan hukum internasional yang berlaku, termasuk hukum hak asasi manusia
internasional.
2. Setelah menerima informasi bahwa seseorang yang telah
melakukan atau yang diduga telah melakukan tindak pidana yang tercakup dalam
Pasal II Konvensi ini mungkin berada di dalam wilayahnya, Pihak terkait harus
mengambil langkah-langkah seperti yang mungkin perlu berdasarkan hukum
nasionalnya untuk menyelidiki fakta-fakta yang terdapat dalam informasi tersebu
3. Setelah puas bahwa keadaan menghendakinya, Partai di wilayah siapa
pelaku pelaku atau tersangka berada harus mengambil tindakan sesuai dengan
hukum nasionalnya untuk menjaga keberadaan orang tersebut untuk tujuan
penuntutan atau ekstradisi.
4. Setiap orang yang dikenakan tindakan sebagaimana dimaksud dalam ayat 3
Pasal ini sedang diambil berhak:
a. Untuk berkomunikasi tanpa penundaan dengan perwakilan terdekat dari Negara di mana orang tersebut adalah warga negaranya atau dengan cara lain berkewajiban untuk melindungi hak-hak orang tersebut;
b. Untuk dapat dikunjungi oleh perwakilan Negara yang bersangkutan;
c. Untuk diberitahu tentang hak-hak orang tersebut berdasarkan sub-ayat (a) dan (b) ayat 4 Pasal ini.
a. Untuk berkomunikasi tanpa penundaan dengan perwakilan terdekat dari Negara di mana orang tersebut adalah warga negaranya atau dengan cara lain berkewajiban untuk melindungi hak-hak orang tersebut;
b. Untuk dapat dikunjungi oleh perwakilan Negara yang bersangkutan;
c. Untuk diberitahu tentang hak-hak orang tersebut berdasarkan sub-ayat (a) dan (b) ayat 4 Pasal ini.
5. Hak-hak sebagaimana dimaksud dalam ayat 4 Pasal ini harus dilaksanakan
sesuai dengan hukum dan peraturan dari Partai di wilayah di mana tersangka atau
tersangka berada, tunduk pada ketentuan bahwa peraturan perundang-undangan
harus mendukung secara penuh diberikan dengan tujuan untuk mana hak-hak dalam
ayat 4 Pasal ini dimaksudkan.
6. Ketika Partai, sesuai dengan Pasal ini, telah
mengambil seseorang untuk ditahan, harus segera memberitahukan, secara langsung
atau melalui Sekretaris Jenderal ASEAN, Para Pihak yang telah memberlakukan
yurisdiksi sesuai dengan ayat 1 atau 2 dari Pasal VII, dan , jika menganggap
itu dianjurkan, setiap Pihak lain yang berkepentingan, dari fakta bahwa orang
tersebut benar berada dalam tahanan dan dari alasan penahanannya orang itu.
Pihak yang melakukan penyelidikan sebagaimana dimaksud dalam ayat 2 Pasal ini
harus segera memberitahukan Pihak mengatakan temuan dan wajib mengindikasikan
bahwa Negara tersebut hendak memberlakukan yurisdiksinya atas orang tersebut.
Pasal IX
Ketentuan Umum
1.
Para Pihak wajib mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan, termasuk,
di mana undang-undang yang tepat, nasional, untuk memastikan bahwa tindak
pidana yang tercakup dalam Pasal II Konvensi ini, terutama ketika itu
dimaksudkan untuk mengintimidasi penduduk, atau memaksa pemerintah atau
organisasi internasional untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan
apapun, berada di bawah tidak dapat dibenarkan dengan pertimbangan yang
sifatnya serupa politis, filosofis, ideologis, ras, etnis, agama atau lainnya.
2. Berdasarkan Pasal VI Konvensi ini, Para Pihak wajib, jika memungkinkan,
membangun saluran komunikasi antara instansi yang berwenang mereka untuk
memfasilitasi pertukaran informasi untuk mencegah terjadinya
kejahatan-kejahatan yang tercakup dalam Pasal II Konvensi ini.
3. Pihak di mana tersangka pelaku kejahatan dituntut
wajib, atas permintaan Pihak lainnya mengklaim yurisdiksi atas sama,
mengkomunikasikan status kasus pada setiap tahap dari proses kepada mereka
Pihak lainnya.
Pasal X
Status Pengungsi
Para Pihak harus mengambil tindakan yang tepat, sesuai
dengan ketentuan yang relevan dari hukum domestik masing-masing dan hukum
internasional yang berlaku, termasuk standar internasional hak asasi manusia,
sebelum memberikan status pengungsi, di mana Pihak mengakui dan memberikan
status tersebut, dengan tujuan untuk memastikan bahwa para pencari suaka belum
merencanakan, memfasilitasi atau berpartisipasi dalam tindak terorisme.
Pasal XI
Rehabilitatif Program
Para Pihak wajib berupaya untuk meningkatkan berbagi
praktik terbaik tentang program rehabilitatif, termasuk, bila sesuai,
reintegrasi sosial orang-orang yang terlibat dalam pelaksanaan setiap tindak
pidana yang tercakup dalam Pasal II Konvensi ini dengan tujuan mencegah
perbuatan tindakan teroris.
Pasal XII
Mutual Legal Assistance dalam Masalah Pidana
1. Para Pihak wajib, sesuai dengan hukum nasionalnya masing-masing,
membayar ukuran terluas bantuan sehubungan dengan penyelidikan atau proses
hukum atas tindak pidana yang tercakup dalam Pasal II Konvensi ini.
2. Para Pihak wajib, di mana mereka merupakan pihak dalam Perjanjian
Bantuan Hukum Timbal Balik dalam Masalah Pidana dilakukan di Kuala Lumpur pada
tanggal 29 November 2004, melaksanakan kewajiban mereka berdasarkan ayat 1
pasal ini sesuai dengan Perjanjian yang
Pasal XIII
Ekstradisi
1.
Pihak di wilayah di mana tersangka pelaku berada, dalam kasus-kasus di
mana Pasal VII dari Konvensi ini berlaku, jika tidak mengekstradisi orang
tersebut, diwajibkan, tanpa pengecualian apapun dan apakah atau tidak
pelanggaran tersebut dilakukan di wilayahnya , untuk menyerahkan kasus tersebut
tanpa penundaan kepada pihak yang berwenang untuk tujuan penuntutan, melalui
proses sesuai dengan hukum nasional Pihak tersebut. Badan tersebut wajib
mengambil keputusan mereka dengan cara yang sama seperti dalam kasus tindak
pidana lainnya yang bersifat serius oleh hukum nasional Pihak tersebut.
2.
Tindak pidana yang tercakup dalam Pasal II Konvensi ini harus dianggap
termasuk sebagai kejahatan yang dapat diekstradisi dalam setiap perjanjian
ekstradisi yang ada di antara setiap Pihak sebelum berlakunya Konvensi ini.
Para Pihak berupaya mencantumkan tindak pidana tersebut sebagai kejahatan yang
dapat diekstradisi dalam setiap perjanjian ekstradisi yang kemudian disepakati
di antara mereka.
3. Ketika suatu Pihak yang melakukan ekstradisi dengan syarat adanya suatu
perjanjian menerima permintaan ekstradisi dari Pihak lain dengan yang tidak
memiliki perjanjian ekstradisi, Pihak yang diminta dapat, atas pilihannya
sendiri, dan sesuai dengan hukum nasionalnya, mempertimbangkan Konvensi ini
sebagai dasar hukum untuk ekstradisi berkenaan dengan kejahatan dalam Pasal II
Konvensi ini.
Pasal XIV
Politik
Pelanggaran Exception
Tak satu pun dari kejahatan yang diatur dalam Pasal II
Konvensi ini akan dianggap untuk tujuan ekstradisi berdasarkan Pasal XIII dari
Konvensi ini atau bantuan hukum timbal balik dalam masalah pidana berdasarkan
Pasal XII dari Konvensi ini sebagai suatu kejahatan politik atau sebagai
kejahatan yang berhubungan dengan politik pelanggaran atau sebagai kejahatan yang
diilhami oleh motif-motif politik. Dengan demikian, permintaan ekstradisi atau
bantuan hukum timbal balik dalam masalah pidana berdasarkan kejahatan tersebut
tidak dapat ditolak atas dasar semata bahwa hal tersebut menyangkut suatu
kejahatan politik atau kejahatan yang berhubungan dengan suatu kejahatan
politik atau suatu kejahatan yang diilhami oleh motif-motif politik.
Pasal XV
Penunjukan Otoritas Pusat atau Struktur Koordinasi
Setiap Pihak wajib menunjuk, sesuai kewenangan, sebuah
pusat atau struktur koordinasi untuk meningkatkan kerjasama di bawah Konvensi
ini.
Pasal XVI
Implementasi,
Monitoring dan Ulasan
ASEAN yang relevan badan sektoral yang terlibat dalam
kerjasama ASEAN terorisme perlawanan bertanggung jawab untuk memantau dan
meninjau pelaksanaan Konvensi ini.
Pasal XVII
Kerahasiaan
1.
Setiap Pihak wajib menjaga kerahasiaan dan kerahasiaan dokumen, catatan
dan informasi lainnya yang diterima dari Pihak lain, termasuk sumber tersebut.
2.
Tidak ada informasi dokumen, rekaman atau lainnya yang diperoleh sesuai
dengan Konvensi ini harus diungkapkan atau dibagi dengan Negara, Pihak lain
atau orang kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Pihak yang
memberikan dokumen rekam, atau informasi.
Pasal XVIII
Hubungan dengan Instrumen Internasional Lainnya
Konvensi ini tidak boleh menyimpang dari kewajiban
hidup dari antara Pihak menurut perjanjian internasional lainnya juga, di mana
Pihak setuju, harus itu mencegah dari Pihak memberikan bantuan satu sama lain
sesuai dengan perjanjian internasional lainnya atau ketentuan hukum domestik
masing-masing.
Pasal XIX
Penyelesaian Sengketa
Setiap perbedaan atau sengketa antara para Pihak yang
timbul dari interpretasi atau penerapan ketentuan Konvensi ini akan
diselesaikan secara damai melalui konsultasi dan negosiasi antara Para Pihak
melalui saluran diplomatik atau cara-cara damai lainnya untuk penyelesaian
sengketa sebagaimana disepakati antara Pihak.
Pasal XX
Ratifikasi, Persetujuan dan Depositary
1.
Konvensi ini memerlukan ratifikasi atau persetujuan
sesuai dengan prosedur internal Pihak.
2.
Instrumen ratifikasi atau persetujuan wajib disimpan
oleh Sekretaris Jenderal ASEAN yang harus segera memberitahukan Pihak lainnya
dari simpanan tersebut.
Pasal XXI
Pemberlakuan dan Perubahan
1.
Konvensi ini mulai berlaku pada hari (tiga puluh) 30
setelah tanggal penyimpanan instrumen (keenam)
2. ratifikasi atau persetujuan kepada Sekretaris Jenderal ASEAN yang
berkenaan dengan Pihak yang menyampaikan instrumen ratifikasi atau persetujuan.
3. Untuk setiap Pihak yang meratifikasi atau menyetujui Konvensi ini
setelah penyimpanan instrumen (keenam) 6 ratifikasi atau persetujuan, tapi
sebelum hari Konvensi ini mulai berlaku, Konvensi juga berlaku untuk Pihak
tersebut pada tanggal Konvensi diberlakukan.
4.
Dalam hal suatu Pihak yang meratifikasi atau
menyetujui Konvensi ini setelah berlakunya berdasarkan ayat 1, maka akan
berlaku untuk Pihak tersebut pada tanggal instrumen ratifikasi atau persetujuan
disimpan.
5. Konvensi ini dapat dimodifikasi atau diubah setiap saat dengan
persetujuan tertulis dari Para Pihak. Modifikasi atau amandemen mulai berlaku
pada tanggal yang akan disepakati bersama oleh Pihak dan akan menjadi bagian
dari Konvensi ini.
6.
Setiap perubahan atau amandemen tidak akan mempengaruhi hak dan
kewajiban Para Pihak yang timbul dari atau berdasarkan ketentuan-ketentuan
Konvensi ini sebelum berlakunya modifikasi atau perubahan.
Pasal XXII
Penarikan
1.
Setiap Pihak dapat menarik diri dari Konvensi ini setiap saat setelah
tanggal berlakunya Konvensi ini bagi Pihak tersebut.
2. Penarikan diri tersebut wajib diberitahukan melalui instrumen penarikan
kepada Sekretaris Jenderal ASEAN.
3. Penarikan diri tersebut wajib berlaku 180 (seratus
delapan puluh) hari setelah diterimanya instrumen penarikan oleh Sekretaris
Jenderal ASEAN.
4.
Sekretaris Jenderal ASEAN wajib segera memberitahukan semua Pihak
lainnya penarikan.
Pasal XXIII
Pendaftaran
Konvensi ini harus didaftarkan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN ke Sekretariat PBB sesuai dengan Pasal 102 dari Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Konvensi ini harus didaftarkan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN ke Sekretariat PBB sesuai dengan Pasal 102 dari Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
DIBUAT di Cebu, Filipina, ini hari ketigabelas Januari
Tahun Dua Ribu Tujuh, dalam satu salinan asli dalam bahasa Inggris di terjemahkan oleh A.Hartawati SH.MH.
Untuk Brunei Darussalam: HAJI Hassanal Bolkiah
(Sultan Brunei Darussalam)
Untuk
Kerajaan Kamboja: Samdech HUN SEN (Perdana
Menteri)
Untuk Republik Indonesia: DR. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO
(Presiden)
Untuk Rakyat Laos Republik Demokratik: Bouasone
Bouphavanh (Perdana Menteri)
Untuk
Malaysia: DATO 'SERI Abdullah Ahmad Badawi (Perdana
Menteri)
Untuk Uni
Myanmar: UMUM BUMN WIN (Perdana Menteri)
Untuk
Republik Filipina: GLORIA MACAPAGAL-ARROYO (Presiden)
Untuk
Republik Singapura: Lee Hsien Loong (Perdana
Menteri)
Untuk Kerajaan Thailand: UMUM Surayud Chulanont (Purn)
(Perdana Menteri)
Untuk Republik Sosialis Viet Nam: NGUYEN TAN DUNG (Perdana
Menteri)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar